Solusi Kode Error Printer Brother (Semua jenis)

Hallo sobat blogger, apakah printer kamu punya masalah yang sama dengan artikel ini tentang Solusi Kode Error Printer Brother? Jika benar saya ada solusi buat kamu yang kesulitan menangani printer brother kamu. 

Printer brother memang sangat handal untuk mencetak pekerjaan berkas kita sehari - hari, tapi kalau kita hanya menggunakannya tanpa kita harus tau solusi masalah printer tersebut dan tidak bisa merawatnya sama saja dengan kita tidak berterima kasih pada printer yang kita gunakan selama ini yang sudah sangat membantu pekerjaan kita. 

Maaf hanya sedikit terbawa suasana dengan simpati printer kamu aja kok :p, ok sobat mari kita lihat apa masalah yang kamu punya pada printer brother kamu.

Kode Error Permasalahan
30, 31, 32, 33, 34, 35,
36, 37, 38, 39, 3C, 3F
Paper Jam / Kertas Tersangkut
40, 42, 43, 44 Suhu Temperatur Terlalu Tinggi
46 Tangki Pembuangan Tinta Penuh,
Penahan Gabus Tinta harus Diganti
48 Head Bermasalah
49 Suhu Temperatur Terlalu Rendah / Dingin
4F Head Bermasalah
50, 51, 52, 57, 5A,
5B, 5C, 5D, 5E
Paper Jam / Kertas Tersangkut Atau
Bermasalah Dengan Sensor
8F Motor Penarik Kertas Rusak / Gangguan
A5, A6, A7, A8, AF Scanner Bermasalah
E2, E3 Motherboard Bermasalah



Berikut ini cara menangani kode error yang bermasalah :
  • Kode Error : 30, 31, 32, 33, 34, 35, 36, 37, 38, 39, 3C, 3F
Kertas sudah kamu keluarkan tapi masih ada Kode Error yang muncul pada printer kamu, bisa saja kertas yang sudah kamu keluarkan tadi masih tertinggal sisa kertas tersebut. Gunakan senter atau semacamnya lihat dengan teliti pada bagian bawah Head Printer, Roller dan bagian belakang printer.

Buka back cover printer lihat dengan senter di sekelilingnya, jika terlihat cabut sisa kertas dengan hati - hati tanpa harus merusak part printer yang ada di dalam. Jika kamu ragu bawa ke service center terdekat saja, karna part printer brother sangat sensitiv.
  • Kode Error : 40, 42, 43, 44
 Hal seperti ini sering terjadi ketika printer kamu dalam perjalanan (dibawa jalan - jalan) atau posisi printer langsung terkena sengatan cahaya matahari, agar printer kamu bisa beroperasi lagi buka cover printer kamu biarkan beberapa waktu hingga printer sedikit adem(dingin) lalu hidupkan kembali printer kamu.
  • Kode Error : 46
Penyebab printer dengan kode ini terjadi karna pembuangan tinta sudah penuh (Absorber), silahkan coba dengan cara merest ulang kembali printer kamu. cara mereset ulang ini bisa kamu cek pada artikel saya yang lainnya tentang membahas cara reset printer brother. 

Alangkah baiknya jika kamu juga mengganti Absorber Pad yang berada didalam printer kamu, supaya tidak banjir dan tidak menyebabkan rusak pada baigan lainnya.
  • Kode Error : 48, 4F
Kendala yang ini cukup berat untuk seorang pemula karna terjadi pada bagian Head rusak, konslet, tersangkut hingga printer head tidak dapat lagi bergerak, solusi yang bagus hanya bisa kamu antar langsung pada ahlinya yaitu ke tempat servisnya atau ke toko komputer terdekat. 

Asal dari permasalahan ini bisa saja ketika printer kamu tersangut dengan kertas dan di tarik secara paksa, bisa juga karna serpihan kertas yang sudah banyak atau debu yang menempel pada Head printer kamu. Tidak sengaja menggores Head printer kamu atau benda lain yang masuk tanpa kamu ketahui.
  • Kode Error : 49
Masalah ini sangat jarang terjadi karna di negara kita tidak ada cuaca yang sangat dingin (salju turun) atau printernya kamu masukin ke dalam kulkas :).

Pada umumnya ini juga muncul terjadi dengan masalah yang berbeda, bisa saja  maintenance unit (paper jam) dan PCB-Motherboard. Masalah ini hanya dapat di tangani pada ahlinya, silahkan bawa ke servisnya langsung.
  • Kode Error 50, 51, 52, 57, 5A, 5B, 5C, 5D, 5E
Masalah ini sama dengan yang pertama yaitu Paper Jam hanya saja tambahannya terjadi pada bagian Sensor printer kamu, sensor yang rusak atau kotor yang menyebabkan printer tidak bisa bekerja secara normal. 

Coba bersihkan dengan tisu atau kain yang lembut dengan hati - hati, untuk menghindari hal ini terjadi lebih baiknya jika printer tidak digunakan tutup dengan kain yang bersih.
  • Kode Error : 8F
Penyebab ini terjadi karna pemakaian yang sudah cukup lama, walaupun  jarang terjadi khususnya dalam frekuensi yang tinggi. 

Jika kamu mendapatkan masalah seperti ini lebih baik langsung bawa ke servis printer, sebenrnya jika printer kamu selalu awet, bersih, dan terjaga permasalahan akan selalu terhindari kecuali memang sudah cacat unit.
  • Kode Error : A5, A6, A7, A8, AF
 Penyebab masalah ini karna Scanner printer kamu sudah rusak atau konslet, hal ini tidak bisa di perbaiki jalan satu - satunya kamu harus mengganti Scanner dengan yang baru.
  • Kode Error E2, E3
Motherboar yang rusak karna konlset masalah lain terjadi pada PCB printer, hati - hati dengan hewan kecil yang sering nongkrong pada printer kamu, seperti cicak, kecoa, semut dll. Salah satu penyebab yang membuat Motherboar printer kamu konslet. 

Usahakan printer di tempatkan pada ruangan yang bersih, kebanyakkan jika rusak pada motherboard hanya diganti aja obatnya.

Yap, itulah beberapa permasalahan yang umum terjadi pada printer brother untuk saat ini. Jika ada yang lain dari ini silahkan kamu komentar masalah printer kamu disini ya, Terima Kasih udah berkunjung.

  1. Cara Reset Printer Brother DCP-J125
  2. Cara Reset Printer MP 258
  3. Cara Reset Printer MP 287
  4. Cara instal driver printer LX-300 di windows 7
  5. Cara isi tinta cartridge canon yang baik
  6. Cara melepas tabung tinta epson L200 / L201 / L100 / L101
  7. Cara merefres level ink tinta low Epson L210
  8. Cara reset printer epson L120 L220 L310 L311 L361 L363 L561 L563 L810 L811
  9. Kelemahan printer canon MG2570 setelah di infus
  10. Memilih printer sesuai kebutuhan
  11. Reset Printer Epson L110/ L210/L300/L350/355
  12. Solusi Kode Error Printer Brother (Semua jenis)

1 Komentar

Silahkan gunakan komentar sebaik mungkin untuk bertanya, berdiskusi, saya tidak menerima kritikan atau mempromokan sesuatu yang tidak berhubungan dengan artikel ini.

  1. kunjungi juga anakit.id untuk tutorial komputer, learning program dan tips trik komputer lainnya

    BalasHapus

Posting Komentar

Silahkan gunakan komentar sebaik mungkin untuk bertanya, berdiskusi, saya tidak menerima kritikan atau mempromokan sesuatu yang tidak berhubungan dengan artikel ini.

Lebih baru Lebih lama