Cara Gampang Pasang Kabel LAN ( Local Area Network )

Bagaimanakah cara membuat jaringan local? sedikit saya bahas tentang Cara Pasang Kabel LAN (Local Area Network). Sebelum itu kamu juga harus paham Standart pemasangan kabel Lan tersebut, kita sebut kata garis besarya adalah Susunan kabel Straight Strough dan Susunan kabel Crossover. Apa itu Straight Strough dan Crossover?


Garis besarnya perbedaan antara Straight Strough dan Crossover terletak pada susunan kabel adapun pengertian tentang Straight Strough adalah susunan kabel jaringan lan yang secara sama susunan warnanya untuk perangkat device yang berbeda, seperti komputer ke Hub/Switch, Router ke Switch dsb. 

Sedangkan Crossover pada susunan kabel  warna secara acak, dimana diantara ke dua ujung kabel posisi warnanya berbeda, yang befungsi untuk Komputer ke Komputer, Hub ke Hub, Komputer ke Router yang di sebut juga dengan peer to peer dsb. Berikut adalah ilustrasi pemasangan kabel Straight dan Crossover :

Susunan Kabel Straight

Putih Orange Putih Orange
Orange Orange
Putih Hijau Putih Hijau
Biru Biru
Putih Biru Putih Biru
Hijau Hiaju
Putih Coklat Putih Coklat
Coklat Cokalt

Susunan Kabel Crossover

Putih Orange Putih Hijau
Orange Hijau
Putih Hijau Putih Orange
Biru Biru
Putih Biru Putih Biru
Hijau Orange
Putih Coklat Putih Coklat
Coklat Cokalt


Pada Gambar sisi kiri itu disebut dengan Straight Strouh  dan posisi kanan disebut dengan Crossover, kamu juga bisa mengubah warna pemasangan kabel lan yang kamu inginkan hanya saja kamu harus mengingat warna yang telah kamu pasang sebelumnya jika tidak komputer kamu tidak akan bisa terhubung dengan komputer lainnya. 

Maka dari pada itu lebih baiknya mengikuti prosedur yang sudah di tetapkan pada para pakar sebagai pedoman untuk sebuah masalah jaringan kamu. Terima kasih telah berkunjung semoga artikel ini bisa berguna untuk kita semua, jika kamu kesulitan untuk mempelajarinya tinggalkan aja pesan di bawah ini agar saya bisa membantu semampu yang saya bisa. 

Karna kita disini juga belajar menjadi seseorang yang akan membuat kita jadi berpengalaman dalam hal ini atau bisa disebut belajar menjadi profesional yang baik.
  1. Cara Reset Printer Brother DCP-J125
  2. Cara Reset Printer MP 258
  3. Cara Reset Printer MP 287
  4. Cara instal driver printer LX-300 di windows 7
  5. Cara isi tinta cartridge canon yang baik
  6. Cara melepas tabung tinta epson L200 / L201 / L100 / L101
  7. Cara merefres level ink tinta low Epson L210
  8. Cara reset printer epson L120 L220 L310 L311 L361 L363 L561 L563 L810 L811
  9. Kelemahan printer canon MG2570 setelah di infus
  10. Memilih printer sesuai kebutuhan
  11. Reset Printer Epson L110/ L210/L300/L350/355
  12. Solusi Kode Error Printer Brother (Semua jenis)

Post a Comment

Silahkan gunakan komentar sebaik mungkin untuk bertanya, berdiskusi, saya tidak menerima kritikan atau mempromokan sesuatu yang tidak berhubungan dengan artikel ini.

Lebih baru Lebih lama